VISI, MISI DAN NILAI DALAM PERUSAHAAN MC DONALD’S
VISI, MISI DAN NILAI DALAM PERUSAHAAN MC DONALD’S
PENDAHULUAN
Latar belakang dalam berbisnis yaitu adanya etika bisnis, etika bisnis adalah dorongan setiap individu untuk membuat para pelanggannya merasa nyaman
atau puas, baik itu dari produk yang mereka beli maupun dari pelayanan yang
mereka dapatkan. Sebagai seorang muslim, tentu Rasulullah adalah teladan bagi
kita dalam menjalankan etika bisnis, selain sebagai Nabi, kepala negara,
Rasulullah juga sebagai pedagang. Banyak prilaku beliau yang bisa kita contoh
dalam berbisnis, salah satunya adalah jujur dan amanah, Rasulullah
memberitahukan para pembeli apabila ada kecacatan di barang dagangan yang
beliau jual, tak heran jika Rasulullah mendapat julukan Al-Amin.
Setiap
orang atau lembaga yang ingin merintis sebuah perusahaan, tentu langkah yang
pertama yang akan dilakukannya adalah membuat visi misi dan nilai perusahaan tersebut.
Banyak perusahaan ternama yang membuka cabang di berbagai negara atau bisa kita
sebut bahwa mereka sukses dalam bisnisnya, karena mereka memiliki visi, misi
dan nilai yang sangat jelas. Contohnya adalah MC Donald’s, kenapa saya
mengambil contoh perusahaan ini? Karena, yang pertama coba kita perhatikan, di
berbagai negara pasti berdiri restaurant MC Donald’s, yang kedua, dimanapun MC Donald’s
berada, rasanya pasti tetap sama. Ini sudah sangat jelas bahwa MC Donald’s
menjaga mutu perusahaannya.
Walaupun banyak perusahaan yang
berusaha menyaingi MC Donald’s, tapi itu tidak menjadi halangan MC Donald’s
untuk terus menjalankan bisnisnya, buktinya sampai saat ini MC Donald’s masih
tetap berdiri walau banyak pesaing-pesaing yang mucul yang membuat produk
hampir sama dengan produknya.
Untuk itu, penulis akan membahas
mengenai visi misi dan nilai dari MC Donald’s ini.
PEMBAHASAN
Etika berasal dari dari kata Yunani ‘Ethos’
(jamak – ta etha), berarti adat istiadat . Etika berkaitan dengan kebiasaan
hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat.
Visi adalah
gambaran masa depan yang kita inginkan. Sedangkan misi adalah alasan mengapa
kita ada, di Indonesia sendiri misi sering diterjemahkan sebagai strategi.
McDonald's atau biasa kita sebut MCD adalah
waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di
restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan
minuman ringan, kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan
dengan tempat restoran itu berada. (Wikipedia)
Lalu,
apasih visi misi dari perusahaan MC Donald’s? berikut adalah visi dan misinya :
Visi
McDonald’s adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di
dunia. Untuk mencapai visi ini, McDonald’s selalu menjamin mutu
produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan
dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen
adalah hal penting untuk McDonald's.
Sedangkan misi
MC Donald’s itu sendiri adalah :
1.
Menjadi perusahaan terbaik bagi
semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh dunia.
2.
Menghadirkan pelayanan dengan
sistem operasional yang unggul bagi setiap konsumen kami di setiap restoran
cabang McDonald’s.
3.
Terus mengalami perkembangan ke
arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand, serta terus mengembangkan sistem
operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan
teknologi.
Arti
kata terbaik dalam visi perusahaan MC Donald’s itu sendiri adalah :
1.
Untuk
MC Donald’s
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya
dan dihargai di seluruh dunia
2.
Untuk
Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V
dan pelanggan dapat menikmati produk MC Donald’s yang memiliki keunikan
tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh MC Donald’s dan MC Donald’s
dapat membuat pelanggan tersenyum
3.
Untuk
Komunitas di Sekitar MC Donald’s
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan MC
Donald’s di lingkungan mereka karena MC Donald’s merupakan perusahaan yang
memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat
yang lebih baik karena keberadaan MC Donald’s
4.
Untuk
Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai
kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi
rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik
5.
Untuk
Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang
baik, pengembangan dan pelatihan, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh
karyawan
6.
Untuk
Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi
bisnis yang profitable bersama MC Donald’s dan akan menjadi partner terbaik
dalam bisnis ini
7.
Untuk
Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling
baik dan paling besar pada industry ini
8.
Untuk
Alliance Partners
Menjadi
terbaik berarti bahwa MC Donald’s bekerjasama dengan organisasi yang bagus dan
dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka
menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan MC
Donald’s
Perumusan
Strategi yang dibuat oleh MC Donald’s adalah :
1.
MC
Donald’s mempunyai strong globsl presence dengan kompetiror domestik terdekat
yang hanya berukuran separuhnya, MC Donald merupakan pemimpin besar (market
leader) baik secara domestic, maupun internasional
2.
Keuntungan
MC Donald’s berasal dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi, karena
ukurannya yang sangat besar dan keberadaannya secara global memungkinkan untuk
menetapkan risiki yang bervariasi yang melibatkan keadaan ekonomi dari negara
tertentu
3.
Outlet
perusahaan ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau
4.
Adanya
pengakuan atas merk (brand recognition)
5.
Kesuksesan
dalam periklanannya, seperti adanya kata “I’m Loving It” dalam setiap
pemasarannya
6.
Adanya
kekuatan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti dengan Coca Cola
7.
Tempat
penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya
tarik tersendiri
8.
Adanya
pelatihan yang professional dengan didirikannya “Hamburger University”
9.
Perusahaan
yang telah mengglobal
1Aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak
11. Menyesuaikan resep dan produk yang ditawarkan dengan standar
kesehatan yang telah ditetapkan USDA
12. Pendapatan tidak hanya dari penjualan makanan cepat saji, tapi juga
dari investasi property, franchiser of restaurant
13. Adanya system delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya
yaitu dengan menelpon 14045
14. Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan
kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan
15. Merubah trend kebiasaan makan kea rah makan yang lebih sehat
16. Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk
generasi muda dan kelompok yang telah berumur
17. Melakukan pengawetan dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari
strategi pemasaran dan periklanan
18. Menciptakan produk baru. Meneruskan untuk menggunakan teknologi
untuk memperngaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat
untuk mengantarkan pesanan khusus
Aksi Nyata Mcdonald’s
Aktivitas
yang dilakukan oleh McDonald’s dalam setiap aktivitasnya haruslah mencerminkan
hal-hal berikut ini yang menjadi keunggulan bersaing dalam McDonald’s
Corporation.
1. Good
Food
Maksud pernyataan Good Food tersebut
adalah bahwaMcDonald’s senantiasa menyediakan pilihan makanan yang lengkap dan
seimbang serta menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen tentang
makanantersebut. Hal-hal yang dilakukan oleh McDonald’s adalah terus
meningkatkan keseimbangan komposisi gizi pada menu-menu yang ada dan menambah
menu baru menggunakan bahan buah, sayur, susu rendah lemak, juga gandum utuh.
Selain itu McDonald’s juga akan fokus pada kesehatan anak-anak dengan mengoptimalkan
gizi pada menu anak dan mempromosikan aktivitas olahraga anak. Yang terakhir
adalah menyediakan informasi seputar nutrisi pada makanan untuk
menginformasikan konsumen kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut
(misalnya lemak, karbohidrat, vitamin,protein, dll).
- Good Sourcing
Maksud pernyataan Good
Sourcing tersebut adalah bahwa sumber bahan baku makanan yang
dipakai bahan berkualitas, memiliki cita
rasa dan keamanan tinggi. Hal yang dilakukan oleh
McDonald’s untuk mencapai hal ini adalah dengan cara menggabungkan
etika,lingkungan, dan ekonomi dalam sistem supplychainnya lewat menetapkan
satu pemasok untuk masing-masing bahan makanan untuk menjaga kualitas. Hal lainyang
dilakukan oleh McDonald’s adalah mempromosikan suasana dan tempatkerja yang
positif dan jaminan HAM lewat Program Akuntabilitas Tempat KerjaPemasok. Yang
terakhir adalah senantiasa memperhatikan kesehatan hewan yangakan dijadikan
bahan makanan.
3. Good
Planet
Maksud dari pernyataan ini adalah
bahwa McDonald’s selalu membagikannilai yang baik untuk bisnis dan kelestarian
bumi.McDonald’s menunjukkan tanggungjawab dalam hal kelestarian bumi ini dengan
cara meminimalisasi dan mendiversifikasi limbah restoran serta mengkonversi
limbah menjadi sumber dayayang bernilai.McDonald’s juga mengurangi intensitas
karbon dengan caramengefisiensikan penggunaan energi, serta melaukan inovasi
dalam desainmaupun peralatan restoran. Selain itu,McDonald’s juga mengelola
penggunaanair di setiap restorannya secara efisien. McDonald’s menggunakan
prinsip reduce,reuse,dan recycledalam mengurangi dan mengefisiensikan
penggunaan energi dan kadar limbah.
4. Good
People
Maksud dari pernyataan ini adalah
bahwa McDonald’s memberikan kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang bagi
setiap karyawannya
lewat program-program yang mereka laksanakan untuk meningkatkan skill
dan pengembangan karir karyawan. Selain itu, McDonald’s juga sangat menghargai
keberagaman dalam lingkungan kerja untuk meningkatkan kontribusi karyawan.
5. Good
Communities
Maksud dari pernyataan ini adalah
bahwa nilai utama dari McDonald’s mengarahkan mereka untuk memberikan banyak
manfaat atau hal positif bagikomunitas masyarakat dunia. Hal ini juga sudah
sangat membudaya dalam perusahaan ini. McDonald’s melakukannya dengan
cara mendukung peningkatantaraf hidup anak-anak dan keluarga lewat program
Ronal McDonald’s HouseCharities serta memberikan bantuan untuk kegiatan
pendidikan juga olahraga.
Nilai Perusahaan
McDonald’s
adalah perusahaan yang yang sangat memperhatikan nilai-nilai dalam setiap
aktivitasnya. Nilai-nilai ini juga yang mendukung ketercapaianvisi dan misi
mereka.
1. Customer experience adalah
inti dari semua aktivitas McDonald’s.Tujuan McDonald’s adalah kualitas,
servis, kebersihan dan nilai untuksetiap pelanggan sepajang waktu karena
pelanggan adaalh alasankeberadaan McDonald’s.
2.
Komitmen terhadap penghargaan
atas karyawan dengan memberikansetiap karyawan pelatihan dan peluang untuk
mengembangakan diri dantalenta yang dimiliki serta penghargaan atas prestasi
karyawan.
3.
Kepercayaan akan sistem McDonald’s.
Model bisnis McDonald’s digambarkan sebagai bangku tiga kaki dimana pemilik,
suplier, dan karyawan adalah fondasinya, dan menyeimbangkan ketiganya
adalahfaktor kunci.
4.
McDonald’s menjalankan
bisnis dengan etika. Standar tinggi akankejujuran dan integritas sangat
diutamakan dalam setiap aktivitasoperasional McDonald’s.
5.
Memberikan imbal balik kepada
komunitas masyarakat dunia lewat program charity-nya.
6.
Meningkatkan profitabilitas
perusahaan. Operasional McDonald’s mendukung perumbuhan profit
bagi shareholder . Hal ini membutuhkanfokus yang terus menerus akan
kepuasan konsumen dan ‘kesehatan’sistem bisnis.
7.
McDonald’s senantiasa bekerja
keras untuk melakukan perubahanke arah yang lebih baik. Inovasi-inovasi
yang bersifat kontinyu dibutuhkan untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan
untukmemenangkan persaingan.
PENUTUP
Jadi,
kesimpulannya adalah MC Donald’s adalah restoran cepat saji yang saat ini keberadaannya sangat mudah
ditemui di berbagai dunia. Dengan visi, misi dan nilai yang mereka miliki dan
mereka jaga, maka menjadikan MC Donald’s sebagai perusahaan yang sukses.
Visi,
misi yang mereka jalankan membawa mereka kepada kesuksesan.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar