VISI, MISI DAN NILAI DALAM PERUSAHAAN MC DONALD’S


VISI, MISI DAN NILAI DALAM PERUSAHAAN MC DONALD’S


PENDAHULUAN
            Latar belakang dalam berbisnis yaitu adanya etika bisnis, etika bisnis adalah dorongan setiap individu untuk membuat para pelanggannya merasa nyaman atau puas, baik itu dari produk yang mereka beli maupun dari pelayanan yang mereka dapatkan. Sebagai seorang muslim, tentu Rasulullah adalah teladan bagi kita dalam menjalankan etika bisnis, selain sebagai Nabi, kepala negara, Rasulullah juga sebagai pedagang. Banyak prilaku beliau yang bisa kita contoh dalam berbisnis, salah satunya adalah jujur dan amanah, Rasulullah memberitahukan para pembeli apabila ada kecacatan di barang dagangan yang beliau jual, tak heran jika Rasulullah mendapat julukan Al-Amin.
Setiap orang atau lembaga yang ingin merintis sebuah perusahaan, tentu langkah yang pertama yang akan dilakukannya adalah membuat visi misi dan nilai perusahaan tersebut. Banyak perusahaan ternama yang membuka cabang di berbagai negara atau bisa kita sebut bahwa mereka sukses dalam bisnisnya, karena mereka memiliki visi, misi dan nilai yang sangat jelas. Contohnya adalah MC Donald’s, kenapa saya mengambil contoh perusahaan ini? Karena, yang pertama coba kita perhatikan, di berbagai negara pasti berdiri restaurant MC Donald’s, yang kedua, dimanapun MC Donald’s berada, rasanya pasti tetap sama. Ini sudah sangat jelas bahwa MC Donald’s menjaga mutu perusahaannya.
            Walaupun banyak perusahaan yang berusaha menyaingi MC Donald’s, tapi itu tidak menjadi halangan MC Donald’s untuk terus menjalankan bisnisnya, buktinya sampai saat ini MC Donald’s masih tetap berdiri walau banyak pesaing-pesaing yang mucul yang membuat produk hampir sama dengan produknya.
            Untuk itu, penulis akan membahas mengenai visi misi dan nilai dari MC Donald’s ini.

PEMBAHASAN
            Etika berasal dari dari kata Yunani ‘Ethos’ (jamak – ta etha), berarti adat istiadat . Etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat.
            Visi adalah gambaran masa depan yang kita inginkan. Sedangkan misi adalah alasan mengapa kita ada, di Indonesia sendiri misi sering diterjemahkan sebagai strategi.
McDonald's atau biasa kita sebut MCD adalah waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman ringan, kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. (Wikipedia)
Lalu, apasih visi misi dari perusahaan MC Donald’s? berikut adalah visi dan misinya :
Visi McDonald’s adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. Untuk mencapai visi ini, McDonald’s selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen adalah hal penting untuk McDonald's.
            Sedangkan misi MC Donald’s itu sendiri adalah :
1.      Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh dunia.
2.      Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiap konsumen kami di setiap restoran cabang McDonald’s.
3.      Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand, serta terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi.
Arti kata terbaik dalam visi perusahaan MC Donald’s itu sendiri adalah :
1.      Untuk MC Donald’s
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia
2.      Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk MC Donald’s yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh MC Donald’s dan MC Donald’s dapat membuat pelanggan tersenyum
3.      Untuk Komunitas di Sekitar MC Donald’s
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan MC Donald’s di lingkungan mereka karena MC Donald’s merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan MC Donald’s
4.      Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik
5.      Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan
6.      Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama MC Donald’s dan akan menjadi partner terbaik dalam bisnis ini
7.      Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industry ini
8.      Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa MC Donald’s bekerjasama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan MC Donald’s
Perumusan Strategi yang dibuat oleh MC Donald’s adalah :
1.      MC Donald’s mempunyai strong globsl presence dengan kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, MC Donald merupakan pemimpin besar (market leader) baik secara domestic, maupun internasional
2.      Keuntungan MC Donald’s berasal dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi, karena ukurannya yang sangat besar dan keberadaannya secara global memungkinkan untuk menetapkan risiki yang bervariasi yang melibatkan keadaan ekonomi dari negara tertentu
3.      Outlet perusahaan ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau
4.      Adanya pengakuan atas merk (brand recognition)
5.      Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata “I’m Loving It” dalam setiap pemasarannya
6.      Adanya kekuatan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti dengan Coca Cola
7.      Tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri
8.      Adanya pelatihan yang professional dengan didirikannya “Hamburger University”
9.      Perusahaan yang telah mengglobal
1Aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak
11.  Menyesuaikan resep dan produk yang ditawarkan dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan USDA
12.  Pendapatan tidak hanya dari penjualan makanan cepat saji, tapi juga dari investasi property, franchiser of restaurant
13.  Adanya system delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan menelpon 14045
14.  Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan
15.  Merubah trend kebiasaan makan kea rah makan yang lebih sehat
16.  Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah berumur
17.  Melakukan pengawetan dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan
18.  Menciptakan produk baru. Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk memperngaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus
Aksi Nyata Mcdonald’s
Aktivitas yang dilakukan oleh McDonald’s dalam setiap aktivitasnya haruslah mencerminkan hal-hal berikut ini yang menjadi keunggulan bersaing dalam McDonald’s Corporation.
1.      Good Food
Maksud pernyataan Good Food tersebut adalah bahwaMcDonald’s senantiasa menyediakan pilihan makanan yang lengkap dan seimbang serta menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen tentang makanantersebut. Hal-hal yang dilakukan oleh McDonald’s adalah terus meningkatkan keseimbangan komposisi gizi pada menu-menu yang ada dan menambah menu baru menggunakan bahan buah, sayur, susu rendah lemak, juga gandum utuh. Selain itu McDonald’s juga akan fokus pada kesehatan anak-anak dengan mengoptimalkan gizi pada menu anak dan mempromosikan aktivitas olahraga anak. Yang terakhir adalah menyediakan informasi seputar nutrisi pada makanan untuk menginformasikan konsumen kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut (misalnya lemak, karbohidrat, vitamin,protein, dll).
  1. Good Sourcing
Maksud pernyataan Good Sourcing tersebut adalah bahwa sumber bahan baku makanan yang dipakai bahan  berkualitas, memiliki cita rasa dan keamanan tinggi. Hal yang dilakukan oleh McDonald’s untuk mencapai hal ini adalah dengan cara menggabungkan etika,lingkungan, dan ekonomi dalam sistem supplychainnya lewat menetapkan satu pemasok untuk masing-masing bahan makanan untuk menjaga kualitas. Hal lainyang dilakukan oleh McDonald’s adalah mempromosikan suasana dan tempatkerja yang positif dan jaminan HAM lewat Program Akuntabilitas Tempat KerjaPemasok. Yang terakhir adalah senantiasa memperhatikan kesehatan hewan yangakan dijadikan bahan makanan.
3.      Good Planet
Maksud dari pernyataan ini adalah bahwa McDonald’s selalu membagikannilai yang baik untuk bisnis dan kelestarian bumi.McDonald’s menunjukkan tanggungjawab dalam hal kelestarian bumi ini dengan cara meminimalisasi dan mendiversifikasi limbah restoran serta mengkonversi limbah menjadi sumber dayayang bernilai.McDonald’s juga mengurangi intensitas karbon dengan caramengefisiensikan penggunaan energi, serta melaukan inovasi dalam desainmaupun peralatan restoran. Selain itu,McDonald’s juga mengelola penggunaanair di setiap restorannya secara efisien. McDonald’s menggunakan prinsip reduce,reuse,dan recycledalam mengurangi dan mengefisiensikan penggunaan energi dan kadar limbah.
4.      Good People
Maksud dari pernyataan ini adalah bahwa McDonald’s memberikan kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang bagi setiap karyawannya lewat program-program yang mereka laksanakan untuk meningkatkan skill dan pengembangan karir karyawan. Selain itu, McDonald’s juga sangat menghargai keberagaman dalam lingkungan kerja untuk meningkatkan kontribusi karyawan.
5.      Good Communities
Maksud dari pernyataan ini adalah bahwa nilai utama dari McDonald’s mengarahkan mereka untuk memberikan banyak manfaat atau hal positif bagikomunitas masyarakat dunia. Hal ini juga sudah sangat membudaya dalam perusahaan ini. McDonald’s melakukannya dengan cara mendukung peningkatantaraf hidup anak-anak dan keluarga lewat program Ronal McDonald’s HouseCharities serta memberikan bantuan untuk kegiatan pendidikan juga olahraga.
Nilai Perusahaan
McDonald’s adalah perusahaan yang yang sangat memperhatikan nilai-nilai dalam setiap aktivitasnya. Nilai-nilai ini juga yang mendukung ketercapaianvisi dan misi mereka.
1. Customer experience adalah inti dari semua aktivitas McDonald’s.Tujuan McDonald’s adalah kualitas, servis, kebersihan dan nilai untuksetiap pelanggan sepajang waktu karena pelanggan adaalh alasankeberadaan McDonald’s.
2.      Komitmen terhadap penghargaan atas karyawan dengan memberikansetiap karyawan pelatihan dan peluang untuk mengembangakan diri dantalenta yang dimiliki serta penghargaan atas prestasi karyawan.
3.      Kepercayaan akan sistem McDonald’s. Model bisnis McDonald’s digambarkan sebagai bangku tiga kaki dimana pemilik, suplier, dan karyawan adalah fondasinya, dan menyeimbangkan ketiganya adalahfaktor kunci.
4.      McDonald’s menjalankan bisnis dengan etika. Standar tinggi akankejujuran dan integritas sangat diutamakan dalam setiap aktivitasoperasional McDonald’s.
5.      Memberikan imbal balik kepada komunitas masyarakat dunia lewat program charity-nya.
6.      Meningkatkan profitabilitas perusahaan. Operasional McDonald’s mendukung perumbuhan profit bagi shareholder . Hal ini membutuhkanfokus yang terus menerus akan kepuasan konsumen dan ‘kesehatan’sistem bisnis.
7.      McDonald’s senantiasa bekerja keras untuk melakukan perubahanke arah yang lebih baikInovasi-inovasi yang bersifat kontinyu dibutuhkan untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan untukmemenangkan persaingan.

PENUTUP
Jadi, kesimpulannya adalah MC Donald’s adalah restoran cepat saji  yang saat ini keberadaannya sangat mudah ditemui di berbagai dunia. Dengan visi, misi dan nilai yang mereka miliki dan mereka jaga, maka menjadikan MC Donald’s sebagai perusahaan yang sukses.
Visi, misi yang mereka jalankan membawa mereka kepada kesuksesan.
DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hujan di Akhir Juni

Akad Musyarakah